Kabar Dewan Rakyat

13 04 2009

Ada sedikit kabar dari teman yang hendak saya bagikan …

Pemilu 2009 adalah pemilu terbanyak yang melibatkan caleg atau calon legislatif, sebenarnya berapa sih gaji dari anggota DPR ?

Penerimaan anggota DPR terbagi menjadi tiga kategori, yaitu rutin perbulan, rutin non perbulan dan sesekali.

Rutin perbulan meliputi :
Gaji pokok : Rp 15.510.000
Tunjangan listrik : Rp 5. 496.000
Tunjangan Aspirasi : Rp 7..200.000
Tunjangan kehormatan : Rp 3.150.000
Tunjangan Komunikasi : Rp 12.000.000
Tunjangan Pengawasan : Rp 2.100.000
Total : Rp 46.100.000/bulan
Total Pertahun : Rp 554.000.000

Masing-masing anggota DPR mendapatkan gaji yang sama.

Sedangkan penerimaan nonbulanan atau nonrutin :

Dimulai dari penerimaan gaji ke-13 setiap bulan Juni >> Gaji ke-13 :Rp 16.400.000
Dana penyerapan (reses) :Rp 31.500.000
Dalam satu tahun sidang ada empat kali reses jika di total selama pertahun totalnya sekitar Rp 118.000.000.

Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu :
– Dana intensif pembahasan rencangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000/kegiatan
– Dana kebijakan intensif legislative sebesar Rp 1.000.000/RUU

Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir 1 milyar rupiah. Data tahun 2006 jumlah pertahun dana yang diterima anggota DPR mencapai Rp 761.000.000, dan tahun 2007 mencapai Rp 787.100..000.

Woww.. pantas jika semua berebut kursi dewan, belum lagi dana pensiunan yang akan dapatkan ketika tidak lagi menjabat.

Hehe … klo memang info ini salah (terlalu besar atau bahkan kurang :p ) mohon komentar balik yach …

Sumber:
http://www.kabarinews. com
http://warnadunia. com/rahasia- kenapa…. i-anggota- dpr/


Actions

Information

7 responses

15 04 2009
zenspacestudio20

wah pantesan mereka pada mabok, yang kesian lagi calegnya ya…..!!?
JAdi caleg, motifasinya ternyata pengen kaya….?

18 04 2009
arlest85

Ya semoga aj legislatif kita kali ini lebih baik, shg mampu membawa Indonesia lebih baik lagi.

Walaupun harapan itu kecil choy … :p

27 04 2009
cH1km0nK

wkakakakak
skr ga ada caleg yang bener2 mikirin rakyat dengan ikhlas tapi karna da si syetan duit ntu….
tpi mudah2n bisa maju indonesia….

lam kenal buat yang pnya blog,..
keren banget nech blog,,
maju terus

25 08 2009
citra

Peh, di tukok ne dawet iso renang iku
Pantesan biarpun sering di demo dan di hujat masih banyak yang berebut pengen jadi dewan

26 08 2009
dwi

Hehe … wareq choy …
Yo didemo bolak-balik melbu kuping tengen metu kuping kiwo kq.
Paling nunggu di eling no Allah SWT dhisik …
Anak’e mbedhal, bojo mloroti thok, loro awak lan pikir
hah …
mugo2 g sampe’ kedadian🙂 amin

10 09 2009
putra

gajix uda segede gt kok msh bnyk anggota yg korupsi?
kalo nurutin kurang,g onok entek e boz!!!!!

empek2 dcampur sayur lodeh,
capek deh………..

30 09 2009
dwi

Semoga angkatan sekarang lebih baik dan tidak meng-HIANATI rakyat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: